Pages

Selasa, 12 Januari 2010

Resep Manisan Sirsak

Manisan Sirsak?
Artikel ini kupersembahkan buat teman-teman sekalian yang bernasib sama sepertiku. Artikel ini kupersembahkan kepada mereka-mereka yang terjebak harus membuat manisan sirsak karena Mata Pelajaran tata Boga disekolahnya. Artikel ini juga kupersembahkan kepada semua pecinta manisan. Semoga resep dibawah ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Muatan Lokal itu penting! Dan satu-satunya muatan Lokal di sekolahku adalah Tata Boga. Jadi kalian bisa bayangin gimana ngerepotinnya itu untuk aku yang notabene goreng telur aja masih sedikit gosong… Hehehe…

Tapi ternyata keadaan akhirnya memaksaku untuk turun tangan sendiri Fren! Setelah praktek memasak perkedel singkong kemaren sukses besar, giliran manisan sirsak yang beraksi. Ckckck… aku sebenernya sempet mau pingsan ketika tahu kalo disuruh buat Manisan sirsak. Padahal, aku denger namanya ajah nggak pernah.

Jadi gini, sekelas dibagi menjadi delapan kelompok. Masing-masing kelompok mendapatkan satu tugas untuk memasak manisan dan semacamnya. Tapi kayaknya aku, Ratih, Risa, sama Pras (temen-temen yang satu kelompok sama aku) lagi nggak beruntung hari itu. Kami malah dapet tugasbuat bikin manisan sirsak.

Dimulailah kerja keras. Setelah browsing-browsing di Internet tanpa tujuan dam mumet-mumet nggak karuan, akhirnya…. Aku nggak dapet tuh resep! Dapet sih dapet… tapi begitu dicoba gagal!

Kepusingan kembali berlanjut dan saat itulah anugerah datang. Nenekku ternyata punya resep Manisan Sirsak ala beliau sendiri. Dan dimulailah sebuah eksperimen.

Hari pengumpulan manisan sirsak makin hari makin tipis. Yang paling menegangkan adalah, seumur hidup nenekku belum pernah nyoba resep itu satu kalipun. Makanya, aku sendiri harap-harap cemas.

Apa resep Manisan Sirsak ala Nenek ini bakal berhasil? Atau malah bernasib naas seperti percobaan sebelumnya?

Bahan-bahan pun mulai dikumpulkan.

1 kg buah sirsak atau bahasa Surabayanya “mores”. Pilih yang bagus ya… kalau di Surabaya sih Harganya Rp 7.000,00 perkilo. Atau kalau mau beli di Supermarket yang sudah dalam kemasan juga boleh. Tapi siap-siap ngerogoh kocek agak dalem lho…^^

750 gram gula pasir yang halus banget. Eh… tapi bukan gula halus. Gulanya tetap gula pasir, tapi yang kecil-kecil butirnya. Kalo enggak ada yang biasa juga boleh…^^ Anggaran untuk gula sekitar Rp 8.500,00

2 bungkus Agar-agar kemasan warna. Teman-teman boleh pilih warna sesuka selera. Boleh pake warna merah, boleh pake warna hijau, boleh dicampur-campur. Tapi perlu diingat, agar-agarnya kalau bisa yang dijual dalam kemasan langsung. Kayak Nutrijell, Swallow, atau satelit (ngiklan banget! Wkwk…)

Nah… mulailah membuat manisan sirsak. Caranya :

1.Blender sirsak tapi lebih dulu dibuang bijinya. Soalnya nggak lucu banget kalo kita buat manisan sirsak tapi bijinya ikut dimasukin. Tapi kalo ada yang berminat sih… monggo-monggo saja, yang penting aku nggak nanggung akibatnya (frey sadis bener!)^^

2.Saring semua ampas yang masih tersisa saat sirsak udah blend.

3.Kalo semua prosedur udah dilakukan, sari buah sirsak tadi dicampur dengan air putih di dalam gelas ukur. Campur dengan air sampai indicator gelas ukurnya mencapai angka 500 ml sambil diaduk-aduk.

4.Campuran sari sirsak yang lebih cair tadi masukkan ke panci dan didihkan bersama dengan gula. Catatan : dari 750 gr gula tadi, ambil dua gelas saja dan masukkan bersama-sama dengan sari buah sirsak yang sudah cair.

5.Aduk lagi kemudian masukkan 2 bungkus agar-agar warna. Sampai disini tunggu sampai mendidik sambil terus diaduk-aduk.

6.Setelah mendidih, tuang adonan manisan itu ke Loyang. Tunggu hingga dingin dan mengeras.

7.Belum cukup sampai disitu kawan, karena setelah adonan mengering, saatnya untuk memotong-motong adonan sesuai selera. Terserah kalian mau potong model apa aja. Tapi untuk saran, potong kecil saja berbentuk dadu atau tipis karena nantinya akan dijemur kembali.

8.Kalau sudah kita potong-potong, lumuri dengan gula sesuai selera kalian.

9.Finishingnya, silahan jemur di terik matahari dengan menggunakan loyang. Proses ini memang agak sedikit lama kawan, tapi sabar aja.

Tipsnya, jangan lupa mindahin Loyang kedalem kalo hujan turun atau hari sudah malam. Entar takutnya, kalo malam-malam nggak dimasukin ke dalam, bisa-bisa semua manisan sirsak yang sudah kamu buat dengan sejuta peluhmu bakal digondol tikus. Nggak mau kan? Hehe…

Kalo udah jadi, warnanya bakal bagus banget. Dan nimatilah manisan sirsak itu. Bisa dinikmati sambil nonton TV, baca novel, cemilah malam, atau makanan penutup. Praktis bukan?

Oh ya… tapi foto-fotoku bersama si manisan yang manis ini diambil pada waktu manisan belum dijemur dan masih baru dilumuri gula. Makanya warnanya terlalu cerah. Nanti, kalau sudah dijemur hasilnya pasti cantik banget.

Jadi selamat mencoba kawan-kawan!

Do’akan juga Bu Margaretha (Guru Tata Bogaku) ngasih nilai bagus untuk manisan sirsak yang susah banget dibuat ini…^^

1 komentar:

  1. iya iya aku akan doakan ibu Margareta,moga Tuhan memberkati.Berkah dalem

    BalasHapus

Aku dengan cuap-cuapku...
Kalian,, dengan cuap-cuap kalian :D

SS501 as my boyfriend.... "SAENGI" !!!!

Farah "Ae Ri"'s Result: Heo Young Saeng
on quiz: SS501 As Boyfriends
Your ideal boyfriend is Shy Prince Heo Young Saeng! He's the shy, quiet type, but smoldering underneath is a romantic guy who will sweep you off your feet.
Quiz SchoolTake this quiz & get your result