Pages

Sabtu, 21 Agustus 2010

"Puding Tape Kelapa Ceria" ala My GrandMa :D

Alohaaaa.... Assalamu'alaikum ♥

Jumpa lagi pada kategori ♥ Frey's Kitchen dimana aku bakal ngobok-ngobok buku resepnya Nenekku tercinta yang bernama "Dewi Sulistiana Matovani" untuk dibagikan kepada kamu semuanya.

Setelah kemaren sukses--boong besar-- dengan entry "Resep Manisan Sirsak" --saking suksesnya sampe kaga ada yang ngasih feed back sama sekali-- aku bermaksud menulis lagi tentang resep nenek ku tercinta http://www.smileycodes.info

Sebagaimana yang kita ketahui bersama pada entry sebelum ini,, Nenekku adalah pecinta dunia masak-memasak yang suka berkreasi. Dulu,, empat bulan yang lalu kalo nggak salah, disaat aku masih menjadi murid SMP yang disibukkan dengan Ujian Praktek Tata Boga, nenekku dengan murah hatinya memberiku banyak resep seperti Manisan Sirsak dan Puding Tape Kelapa ini.

Kebetulan,, karena ini adalah bulan puasa, aku kepingin berbagi kepada semua teman-teman. Siapa tau, resep di blog ku ini bisa menjadi sumbangsih buat buka puasa teman-teman semua, ya kan? Aku kan baik hati http://www.smileycodes.info *dijitak langsung*

Langsung saja,, kira-kira, beginilah tampilan akhirnya si "Puding Tape Kelapa"punya nenekku (e-hem, aku moto sendiri pake camera digital lho http://www.smileycodes.info)

~PUDING TAPE KELAPA~


Bahan-bahan


1. 2 Bungkus Agar-agar warna hijau
2. 1 ons tape
3. 2 butir kuning telur
4. Kopyor Instan rasa blewah (warna jingga)
5. Gula pasir secukupnya
6. Santan
7. Buah Cherry
8. Susu kental manis setengah kaleng

Alat-alat


1. Panci untuk merebus
2. Sendok untuk mengaduk
3. Cetakan bongkar pasang (cetakan yang dimaksud disini tuh yang prisma setengah lingkaran yang bisa dibongkar pasang itu lho, bisa dilihat di gambar diatas http://www.smileycodes.info)


Cara membuat :

1. Blender semua tapenya sampe halus,, oke? Disini gambarnya miring,, aku males ngatur rotasinya. Jadi mohon maaf ya,, miringin kepala kalian nggak papa *maaf ya*


2. Kalo sudah, tape yang telah diblender kalian saring pake saringan ke dalam panci yang sudah diletakkan dikompor sambil dikasih air kira-kira tiga setengah gelas tanggung.


3. Masukkan gula nya ke dalam tape yang telah disaring tadi. Jangan dibanting ya gulanya,, aku tahu kalian pasti semangat banget bikin resep ini *pede* tapi cukup dituang aja pelan-pelan. Dan nyalakan api kecil.



4. Masukkan sebungkus santan instan *aku pake KARA, jiah nyebut merk. Wkwkwk* jangan lupa sambil diaduk-aduk.


5. Selanjutnya,, cemplungin *jielah cemplungin* satu sachet agar-agar. Warnanya sih pada dasarnya sesuai selera. Tapi aku prefer ke ijo. Soalnya entar jadinya gimana gitu. Keren gitu lho... hahahaha. Jangan lupa,, stir.... stir.... stir.... sampe semuanya jadi nyampur.


6. Inilah bagian yang asyik, yaitu nuangin setengah kaleng susu kaleng. Aku paling suka karena.. asyik aja nuangin setengah kaleng gitu *udah, Frey gag usa didengerin. Dia mah suka gaje*


7. Nah, sekarang. Stir aja sampe adonan cair yang pertama ini keluar blukutuk-blukutuk nya alias mendidih. Nah, matikan deh apinya.



8. Terus, masukkan ke cetakan paling dasar ya. Nggak usah penuh-penuh. Sampe setengah doang aja. Cetakan yang kedua diisi air dan ditaruh diatas cetakan dasarnya. Sepeti gambar itu lho....




9. Sementara itu,, masak kopyor instannya. Cara masak kopyor instannya bisa dilihat di kemasan belakang nya Nutrijell (habis aku pakek nutrijell sih. Enak soalnya) Jadinya macam begini nih.... *menggiurkan banget kan?*


10. Nah, kalo udah,, ayo kita bikin adonan keduanya. Masak agar-agar hijau satu sachet lagi seperti biasa (nggak usah pake apa-apa. Cuma gula doang seperti ngebuat agar-agar biasa)


11. Kalo sudah,, ini bagian yang aku suka juga. Tuang adonan kedua kedalam adonan pertama (adonan pertama kan jadinya cekung gitu, nanti kita masukkan adonan kedua didalamnya. Kayak begini jadinya)

12. Kalo udah, sebelum adonan kedua mengeras, masukkanlah kopyor instan berwarna orens keren yang telah dibuat tadi.


13. Kalo udah? Masukkan kulkas deh.

Siap dimakan... buat buka puasa pasti keren. Dihidangkan denga ceherry dan susu kental manis putih. Hehe. Aku jadi inget, waktu puding ini jadi,, aku langsung makan rame-rame sekeluarga. Sluurrrppp~~

Bakal enak banget. Serius!! http://www.smileycodes.info

Selamat mencoba teman-teman...

Bye http://www.smileycodes.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku dengan cuap-cuapku...
Kalian,, dengan cuap-cuap kalian :D

SS501 as my boyfriend.... "SAENGI" !!!!

Farah "Ae Ri"'s Result: Heo Young Saeng
on quiz: SS501 As Boyfriends
Your ideal boyfriend is Shy Prince Heo Young Saeng! He's the shy, quiet type, but smoldering underneath is a romantic guy who will sweep you off your feet.
Quiz SchoolTake this quiz & get your result